by

Tips Membangun Pagar Rumah

-Berita, Rumah-262 views

Beritapropertyserpong.com – Jika Anda menginginkan contoh pagar rumah, silakan cari di internet dan akan muncul banyak sekali pilihan. Pertanyaannya, dari sekian banyak contoh, adakah yang sesuai keinginan Anda? Jika masih merasa belum menemukan yang sesuai, Anda harus memikirkan konsep yang tepat untuk pagar rumah.

Konsep Pagar Rumah

Apa tujuan membangun pagar rumah? Tentu saja kita ingin melindungi sekaligus membatasi area bangunan rumah kita. Kadang-kadang orang membuat pagar sekadarnya saja. Selama itu dirasa cukup memberikan batas area yang jelas, terutama di pemukiman padat. Tetapi bagaimana dengan fungsi keamanannya? Tergantung dari pemahaman penghuni rumah tentang risiko keamanan di sekitar lingkungannya. Lantas bagaimana dengan desainnya? Nah, persoalan ini menjadi lebih kompleks karena pagar rumah yang cenderung dibuat asal-asalan tak akan bisa diandalkan dan justru lebih sering tak sesuai dengan konsep utama dari bangunan rumah. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda merencanakan desain pagar rumah pada beberapa hal:

  • Luas/batas pagar.

Kebanyakan pagar dibangun atas alasan ini. Tetapi ukurlah jarak yang tepat untuk pagar yang mengelilingi rumah. Apalagi jika area rumah cukup luas sehingga Anda harus menyiapkan pagar dalam jumlah besar. Sebaiknya Anda membangun pagar dengan jarak yang agak ke dalam area Anda untuk menghindari sengketa dengan tetangga di sebelah. Kecuali jika memang sudah ada kesepakatan tertentu.

  • Ketinggian pagar.

Ketinggian pagar juga sangat penting untuk direncanakan. Apakah Anda ingin membangun pagar-pagar tinggi? Tentu saja tidak bukan? Kecuali Anda adalah orang yang sangat cemas dengan keamanan lingkungan atau memang ingin mendapatkan privasi lebih. Dirikanlah pagar dengan ketinggian wajar. Setidaknya bisa mencakup jarak pandang normal. Selain itu, ketinggian pagar yang normal bisa menyeimbangkan tata kelola ruang dan lingkungan di area pekarangan Anda.

  • Material.

Ada banyak material yang bisa dipilih, seperti kayu, batu atau bahkan kawat berduri yang dipercantik oleh tanaman merambat. Semuanya bisa dipertimbangkan sesuai kebutuhan dan kelayakan. Sebaiknya Anda juga memikirkan persoalan desain yang tepat bagi gaya bangunan rumah secara keseluruhan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed